Selasa, 03 Desember 2013

hUMA Technology for The Next Processor

hUMA Processor Technology
Dunia computer dan jaringan tidak akan lepas dari yang namanya processor, tentunya kalian sudah tahu dong processor itu apa? Yappss, processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh komponen lainnya. Fungsinya adalah merupakan pusat pengendali dan memproses kerja sebuah computer, untuk memperoses data yang diterima dari masukan atau input untuk selanjutnya menghasilkan keluaran atau output.
Setiap computer pasti mempunyai ribuan bahkan jutaan processor untuk mendukung kecepatan akses. Jumlah processor berbanding lurus dengan kecepatan processor. Semakin banyak transistor dalam sebuah processor, semakin tinggi pula kecepatan processor tersebut. Sebab, semakin banyak transistor, semakin besar pula kemampuan menjalankan instruksi paralel dalam setiap detik. Jika processor 486 “hanya” bisa menjalankan 20 MIPS (Million Instruction Per Second), maka Pentium 4 mampu menjalankan 1,5 juta MIPS.


 
Berbicara tentang perkembangan processor dari masa ke masa sebenarnya telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan kecepatan optimal yang diinginkan sesuai dengan perkembangan jaman.
Perkembangan peningkatan kecepatan processor selalu didasarkan pada perhitungan yang sistematis. Perhitungan ini sering disebut dengan hukum moore. Apa itu hukum moore? Dalam Hukum Moore disebutkan, bahwa jumlah transistor dalam sebuah chip akan berlipat ganda setiap dua tahun.
Hukum moore ini dicetuskan oleh Gordon Moore, peraih gelar PhD bidang fisika dan kimia dari Caltech. Saat bekerja di Fairchild Semiconductor, ia menulis sebuah artikel berjudul “Cramming More Components Onto Integrated Circuits” di majalah Electronics No. 8 Volume 38 pada 19 April 1965. Tulisannya inilah yang disebut sebagai Hukum Moore.
Jika membahas mengenai processor tentunya kita tidak asing lagi dengan sebuah perusahaan bernama AMD. Perusahaan yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika Serikat ini sedang gencarnya mengerjakan proyek yang akan mengubah teknologi komputer masa depan menjadi sesuatu yang benar-benar berbeda dari sebelumnya.
 Teknologi yang sedang digarap oleh perusahaan ini adalah sebuah inovasi baru bernama hUMA. Apa itu? hUMA adalah singkatan dari Heterogenous Uniform Memory Access. Teknologi ini sendiri memiliki hubungan yang erat dengan rancangan teknologi HSA (Heterogenous System Architecture.)
Mungkin kita ada yang masih bingung dengan teknologi HSA, HSA adalah sebuah arsitektur dari otak komputasi (secara konvensional berarti otak prosesor) yang menggabungkan CPU dengan GPU, beserta dengan prosesor lainnya, agar bekerja dengan harmonis. Dengan arsitektur HSA inilah nantinya yang akan diintegrasikan dengan APU (Accelerated Processing Unit). Teknologi hUMA sendiri adalah paduan HSA dan APU. teknologi hUMA akan menggabungkan kedua memori CPU dan GPU agar dapat dialokasikan lebih merata oleh kedua prosesor tersebut sesuai dengan kebutuhannya.
Dengan teknologi hUMA inilah nantinya kita akan semakin dimudahkan dalam pengerjaan dengan computer karena sangat cepat, tepat dan cerdas.


0 komentar:

Posting Komentar